Jumat, 30 Maret 2012

Mengapa Kopi Hangat Tidak Enak?

Diposkan oleh Nurul Fadillah di 3/30/2012 09:54:00 AM
Reaksi: 


Banyak peminum kopi menganggap kopi panas yang masih mengepul adalah cairan terlezat. Mereka juga menilai es kopi terasa menyegarkan. Anehnya, kopi di luar temperatur ekstrem itu justru tidak enak bagi mereka. 

Mengapa kopi dengan temperatur kamar itu terasa enak? 

Sejumlah ahli biologi yakin jawabannya ada pada pengaruh temperatur terhadap rasa makanan dan minuman.


salah satu faktor teori menganggap kopi hangat kuku tidak enak karena manusia gua tidak punya kulkas. Apa hubungan antara kopi dan manusia gua? 
Menurut Karel Talavera dari Laboratory of Ion Channel Research di Kuba, proses biologi, seperti sistem panca indera kita cenderung dirancang oleh evolusi agar bekerja paling efektif pada temperatur yang umum kita rasakan.

Talavera mempelajari bahwa reseptor rasa didalam taste bud ialah lidah kita merespons molekul pada berbagai temperatur. Dia menemukan bahwa reseptor rasa tertentu amat sensitif terhadap molekul makanan yang bersuhu 20-35 derajat Celsius, yaitu molekul pada suhu kamar atau sedikit di atasnya. Reseptor rasa tidak mencatat molekul yang terlalu panas atau lebih dingin daripada kisaran temperatur tersebut, sehingga kita tidak merasakannya. 

"Masih ada fenomena yang belum bisa kita jelaskan, tapi hal itu sesuai dengan fakta bahwa persepsi rasa menurun kemampuannya di atas temperatur tertentu." kata Talavera. 

Berdasarkan teori itu, kopi panas dengan temperatur sekitar 76 derajat Celsius mungkin tak terlalu pahit dibanding kopi bersuhu ruang (23 derajat Celsius) karena reseptor rasa pahit kita tidak terlalu sensitif terhadap molekul pahit kopi bila molekul itu panas.

"Leluhur kita tidak mengkonsumsi makanan pada temperatur ekstrem." ujarnya.

Makanan mereka umumnya terdiri atas buah beri dan daging segar hewan buruan yang bersuhu 20-37 derajat Celsius. Karena kopi panas atau kopi berada di luar batas maksimum indra perasa, taste bud pada lidah kita tidak merasakan pahitnya kopi yang sebenarnya. 


sumber: livescience 

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan cuma jadi silent reader, komennya ditunggu untuk perbaikan blog ini ^^

 

Coretan Si Pingu Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review