Jumat, 10 Mei 2013

Ketika WhatsApp, mendekatkan kita, menyatukan kita.

Diposkan oleh Nurul Fadillah di 5/10/2013 08:36:00 PM
Reaksi: 
Zaman sekarang yang serba digital membuat perkembangannya menuntut sesuatu yang lebih praktis dan user friendly. Khususnya para pengguna ponsel menginginkan sesuatu yang lebih menarik dan lebih praktis untuk berkomunikasi. Fungsi utama sebuah ponsel memang untuk berkomunikasi jarak jauh. Memudahkan seseorang untuk mengetahui dan bercengkrama dengan orang lain meski dengan jarak yang cukup jauh. 
Fungsi konvensional ponsel salah satunya yaitu SMS (Short Messaging Service). SMS berupa pesan teks sebanyak 160 huruf dan dikenakan tarif tertentu. 

Fungsi SMS ini memang pernah berjaya pada saat awal kemunculan ponsel di tengah-tengah masyarakat modern pada saat ini. Namun, seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan teknologi yang kian canggih, membuat pengguna ponsel menginginkan fungsi yang lebih efektif lagi daripada sebuah SMS (pesan teks).
Mobilitas yang tinggi dan gaya hidup sosialita menjadi latar belakang bermunculannya berbagai aplikasi menarik pengganti SMS. 
Hal tersebut memang bukan satu-satunya yag melatarbelakangi munculnya berbagai aplikasi pengganti SMS, berkembangnya fitur di ponsel dan berkembangnya smartphones menjadi alasan yang lebih kuat dibanding dengan mobilitias yang tinggi. 


Smartphones atau ponsel zaman sekarang sudah banyak dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih, seperti sistem operasi (Android, Blackberry, Mac, Windows Phone, dll) serta dibenamkannya RAM yang mampu menunjang operasional smartphones membuat ponsel pintar ini semakin diminati. 

Berbagai aplikasi bermunculan, mulai dari aplikasi game, edit foto, sosial media, messanger dan lain-lain. Nah, aplikasi yang terakhir saya sebutkan ini yang akan saya bahas lebih lanjut. 

Ada beberapa aplikasi messanger yang berkembang saat ini. Fyi, aplikasi messanger itu ialah aplikasi yang mengakomodir penggunanya untuk bisa bercengkrama antar satu orang dan tidak hanya terhadap satu orang saja, tetapi beberapa dari aplikasi messanger ini dapat membuat grup sehingga penggunanya akan lebih mudah bercengkrama dengan beberapa orang sekaligus. Aplikasi messanger ini dilengkapi beberapa fitur menarik seperti emoticon dan dapat mengirim gambar, lagu hingga video. 

Dari berbagai aplikasi messanger yang ada, sekarang saya lebih sering menggunakan aplikasi WhatsApp. Kenapa WhatsApp? karena WhatsApp mampu membuat grup beranggotakan kurang lebih 30 orang. WhatsApp sangat praktis dan mudah digunakan. Pengalaman saya dalam menggunakan WhatsApp sangat menyenangkan. Saya mempunyai komunitas yang membutuhkan sebuah media untuk berdiskusi dan bercengkrama dengan anggota yang lain. WhatsApp mampu menjawab kebutuhan saya. Saya mulai menggunakan WhatsApp tahun 2012 hingga sekarang dan mungkin akan terus menggunakannya ^^. 

Kita tinggal mengunduh WhatsApp dalam browser atau aplikasi world yang ada di smartphones, kemudia kita hanya perlu menambahkan nomor telepon orang-orang yang kita inginkan. Lebih mudah lagi, nomor telepon yang telah berada dalam kontak ponsel kita akan otomatis menjadi teman dan terlihat secara jelas yang menggunakan WhatsApp atau tidak. 

Grup yang saya miliki di WhatsApp tidak hanya satu, tetapi sampai 5 grup. Saya dapat membagikan atau mengirim gambar, lagu, dan video yang hendak saya infokan kepada anggota grup. Sehingga menurut saya akan lebih efektif. WhatsApp sama saja seperti SMS atau pesan teks biasa hanya saja tampilan yang lebih menarik dengan berbagai emoticon yang bisa kita pilih berdasarkan suasana hati membuat aplikasi messanger seperti ini lebih diminati. 

Meski begitu, SMS tetaplah masih digunakan karena tidak semua orang memiliki aplikasi messanger yang sama. Siapa yang telah menggunakan aplikasi ini??? 

Komen dibawah yoo~




0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan cuma jadi silent reader, komennya ditunggu untuk perbaikan blog ini ^^

 

Coretan Si Pingu Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review